Tips kesehatan dan cara hidup sehat

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak suka dengan buah semangka? Buah segar berair ini sangat tepat dikonsumsi ketika udara sedang panas atau ketika kita sedang mengalami dehidrasi. Buah semangka kaya akan air dan hampir 90 persen kandungan semangka berupa air. Buah ini dapat anda dapatkan di pasar hingga hypermarket. Banyak yang suka akan buah ini karena sangat menyegarkan. Dibalik rasanya yang segar ternyaa ada manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh kita yang tentunya perlu pembaca ketahui. Apa saja kah itu? Mari kita simak dibawah ini.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh (Foto UraianSehat)

Warna merah pada buah semangka mengandung banyak nutrisi vitamin, mineral, dan serat yang diperlukan oleh tubuh kita. Oleh sebab itu, jangan abaikan manfaat semangka yang dapat anda sajikan sebagai makanan penutup mulut anda. Dengan kandungan gizi semangka akan dapat membantu menjaga kesehatan pembaca. Tips kesehatan kali ini akan mengulas banyak manfaat semangka bagi kesehatan tubuh kita yaitu sebagai berikut :
  1. Menyehatkan jantung. Buah semangka memiliki kandungan likopen yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung kita
  2. Menyehatkan mata. Buah semangka mengandung betakaroten yang akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh kita. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa vitamin A merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh mata kita.
  3. Menjaga sistem imunitas atau kekebalan tubuh kita. Dengan kandungan vitamin C yang dimilikinya, buah semangka dapat menjaga kesehatan tubuh dari potensi virus dan penyakit.
  4. Melindungi dari ancaman radikal bebas. Berbagai asap polusi baik kendaraan maupun asap rokok akan mengancam kesehatan tubuh kita apabila radikal bebas tersebut terhirup oleh kita. Dengan kandungan karotenoid yang dimiliki semangka dapat menetralisir efek radikla bebas yang masuk dalam tubuh kita.
  5. Mencegah penyakit arthritis karena kelebihan asam urat. Cukup dengan meminum segelas jus semangka yang sudah disaring tanpa biji pada pagi dan malam hari akan dapat membantu tubuh kita mengeluarkan kelebihan asam urat.
  6. Menjaga kesehatan organ ginjal. Buah semangka kaya akan air sehingga membantu memperlancar aliran urine ketika buang air kecil. Dengan lancarnya buang air kecil akan berdampak pada kesehatan ginjal yang kita miliki.
  7. Mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Semangka adalah buah yang mengandung citruline yang dapat berperan dalam mengurangi timbunan lemak yang ada dalam tubuh manusia.

Informasi kesehatan lainnnya :

Demikian tips kesehatan kali ini yang mengulas manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh